KKN-IK IAIN KUDUS KECAMATAN MARGOYOSO BERSAMA IPPNU, BELAJAR ECOPRINT SAINS KREATIF MENYENANGKAN

Belajar sains seringkali menjadi momok tersendiri bagi anak. Anggapan bahwa sains hanya berkutatat dengan nama-nama yang asing serta kumpulan rumus yang sulit untuk dipahami. Bentuk materinya yang cenderung abstrak membutuhkan pengintegrasian yang baik. Terlebih dengan sifat pembelajaran sains yang holistik atau menyeluruh, memberikan konsekuensi bahwa kita tidak dapat melihat suatu kejadian hanya dalam satu sisi semata. Sifat dari konsepnya kontektual dalam sains mengakibatkan pentingnya pengangkatan suatu contoh langsung dan nyata agar mudah untuk diintegrasikan.

 

Salah satu cara meningkatkan minat serta rasa ingin tahu anak dalam mempelajari sains adalah dengan penerapan pembelajaran yang menyenangkan. Sebagaimana kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KKN-IK IAIN Kudus bersama dengan IPPNU desa Bulumanis Kidul Margoyoso Pati (14/09/2021). Dalam kegiatan yang bertajuk “Belajar Bareng Bersama IPPNU” peserta dilatih untuk mampu mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, seni dan matematika. Pada kesempatan ini tim KKN-IK IAIN Kudus memilih untuk memberikan pelatihan pembuatan Ecoprint.

 

Belajar bersama IPPNU bertempat di Yayasan Al-Mihrob ini diikuti oleh 16 peserta anggota IPPNU desa Bulumanis Kidul. Dilaksanakan atas arahan dari tim KKN-IK IAIN Kudus dari desa Bulumanis Kidul. Melalui kegiatan yang telah terlaksana ini akan melatih kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik mereka.

 

Selain pembelajaran sains sebagai sasaran utama, Ecoprint ini juga dapat melatih keterampilan, dan kreatifitas mereka dalam bidang seni. Dimana melalui kegiatan ini pesrta akan mencoba membentuk pola sesuai dengan keinginan dan kreatifitas masing-masing.

 

Para peserta sangat kooperatif selama berlangsungnya pelatihan Ecoprint ini. Sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Selain mengikuti arahan dari KKN IK IAIN Kudus, peserta dari IPPNU Bulumanis Kidul juga menunjukkan ketertarikan mereka terhadap Ecoprint. Yang dapat dilihat dari bagaimana cara mereka melalui setiap tahapan pembuatan, serta dalam mengajukan pertanyaan baik mengenai proses maupun manfaat dari pengunaan bahan dalam ecoprint.

 

(KKN-IK KECAMATAN MARGOYOSO)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan