KURANGI SAMPAH, BUMDES PERDANA GELAR PENGAMBILAN SAMPAH

Program pengambilan sampah merupakan salah satu dari program kerja BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang di selenggarakan untuk mengurangi sampah di desa Bulumanis Kidul dan sekitarnya. Dengan program ini, dapat memberikan keteladanan terkait pengelolaan sampah, khususnya sampah anorganik.

Dalam program ini BUMDES bekerja sama dengan karang taruna Tunas Bhakti yang berperan sebagai pengelola sampah. Untuk saat ini, pelanggan sampah sudah mencapai 123 pelanggan.

BUMDES telah menyiapkan tempat sampah gratis bagi 100 pelanggan pertama, dan membagikan tempat sampah untuk rumah ibadah seperti mushola dan masjid. Dalam program sampah di bebankan biaya retribusi pelanggan sebesar Rp. 25.000. Untuk pengambilan sampah di lakukan setiap 2-3 dalam minggu dan bersifat kondisional.

Safira selaku manager BUMDES mengatakan “Semoga masalah sampah di desa bisa teratasi, sampah bisa jadi sesuatu yg lebih bermanfaat lagi, memiliki nilai ekonomis, tidak selalu dipandang kotor, tetapi bisa jadi sesuatu yg bernilai.”

Melalui program ini bisa membantu menangani masalah sampah yg ada di desa Bulumanis kidul. Masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya agar tidak menimbulkan bencana seperti banjir yang diakibatkan dari tersumbatnya aliran selokan.

“Warga juga mendukung, berpartisipasi, dan bisa ikut andil nantinya. kedepannya juga banyak turunan dari sampah ini, semoga lancar” ujar Safira. Semoga Bulumanis Kidul bisa menjadi contoh untuk desa lain.

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan